Materi kls X


Mengenal Microsoft Word 2007

Mengenal Microsoft Word 2007 - Versi baru hasil pengembangan Microsoft Office adalah Microsoft Word 2007 (Ms. Word 2007). Terdapat beberapa hal baru pada Microsoft Word 2007 ini dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, seperti adanya fasilitas task pane, office clipboard, dan masih banyak fasilitas lainnya, yang mana tujuan dan penambahan fasilitas itu semua untuk mempermudah penggunaan Microsoft Word 2007. Selain untuk pengolah kata, Ms. Word 2007 dapat juga digunakan untuk desktop publishing. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Microsoft Word 2007 dibanding versi sebelumnya.
1) Dokumen tampak lebih profesional sebab tampilan Microsoft Word 2007 menyediakan berbagai fasilitas selengkap mungkin untuk pengeditan dan disertai penampilan tool-tool pengatur dokumen yang lebih mudah dijangkau dibandingkan versi sebelumnya.
2) Waktu untuk mengetik menjadi lebih banyak dibandingkan waktu untuk memformat tulisan.
3) Pada versi Microsoft Word 2007, interface yang lebih berorientasi pada hasil memungkinkan tool-tool pengatur dokumen mudah dijangkau sehingga waktu untuk memformat otomatis lebih singkat dan pekerjaan mengetik menjadi makin efisien. Di samping itu, kecepatan mengetik jadi lebih tinggi karena adanya fasilitas styles, table formats, list formats, graphical effect, dan berbagai fasilitas pendukung kemudahan kerja lainnya.
4) Tampilan Microsoft Word 2007 lebih informatif dibandingkan versi sebelumnya, sehingga para user pemula yang awam sekalipun dapat lebih cepat mempelajari pengolahan kata dengan Microsoft Word 2007. Sebagai contoh, munculnya secara cepat informasi singkat dan padat pada saat kursor mouse ditempatkan pada setiap panel atau tombol. Posisi kursor yang sedang aktif pada area kerja diikuti juga dengan keterangan menu, dimana keterangan menu ini akan berubah seiring perpindahan kursor.

1. Memulai Ms. Word 2007

Sebelum lebih jauh mengenal lingkungan kerja yang terdapat dalam Microsoft Word 2007, Anda harus menginstal dahulu program Microsoft Word 2007 ke dalam komputer Anda. Setelah yakin bahwa komputer Anda terdapat program Microsoft Word 2007, Anda siap untuk memulai dan menjalankan Microsoft Word 2007.

2. Mengenal Lingkungan Kerja Ms. Word 2007

Saat Anda memulai Microsoft Word 2007, maka jendela program Word akan terbuka. Jendela ini umumnya berisi menu, tool, dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Lingkungan kerja Microsoft Word 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Word versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tam-pilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar. Perhatikan tampilan lingkungan kerja Ms.Word 2007 berikut ini.
Lembar kerja Microsoft Word 2007
Gambar 5.2. Lembar kerja Microsoft Word 2007
Tampilan Microsoft Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang terdiri dari tab-tab yang berisi kumpulan toolbar. Secara keseluruhan terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word 2007. Ketujuh tab tersebut terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007 perlu diketahui agar dicapai penggunaan Microsoft Word 2007 secara maksimal. Pada tulisan berikutnya akan dibahas tampilan dan masing-masing tab dalam keadaan aktif beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft Word 2007.
  • Mengatur ukuran kertas dan orientasi cetak
  • Ukuran batas halaman teks, ukuran halaman, dan pengaturan layout hingga orientasi cetak lainnya pada Word 2007 telah disediakan pada tab Page Layout. Langkah-langkah untuk mengubah ukuran kertas adalah klik tab Page Layout, kemudian klik tombol Margin. Selanjutnya, klik pada Custom Margin hingga muncul gambar seperti berikut.
Pilihan layout untuk mengatur orientasi cetak
Gambar 5.38. Pilihan layout untuk mengatur orientasi cetak
Klik tab Paper untuk memilih jenis dan ukuran kertas. Perhatikan gambarberikut ini.
Pilihan paper untuk mengatur ukuran kertas
Gambar 5.39. Pilihan paper untuk mengatur ukuran kertas
Pada Paper size tentukan ukuran kertasnya (misalnya Letter). Di sini terdapat beberapa pilihan ukuran kertas, di antaranya sebagai berikut.
1) Letter : 21,59 cm x 27,94 cm
2) Legal : 21,59 cm x 35,56 cm
3) Executive : 18,41 cm x 26,67 cm
3) A4 : 21 cm x 29,7 cm
4) A5 : 14,8 cm x 21 cm
5) Envelope #10 : 10,48 cm x 24,13 cm
6) Envelope DL : 11 cm x 22 cm
Untuk menentukan batas tepi kertas pencetakan dapat dilakukan melalui tab menu Page Layout. Caranya klik pada submenu Margin. Di dalam pilihan Margin terdapat pilihan margin seperti gambar berikut.
Pilihan margin Microsoft Word 2007
Gambar 5.40. Pilihan margin Microsoft Word 2007
Pengaturan margin dapat juga Anda lakukan langsung dengan cara mengubah ukuran pada ruler line, perhatikan gambar berikut ini.
Pengaturan margin melalui ruler line
Gambar 5.41. Pengaturan margin melalui ruler line
Untuk mengatur orientasi cetak atau posisi kertas, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut. Klik tab menu Page Layout, kemudian pilih Orientation. Pada submenu Orientation terdapat dua pilihan, yaitu portrait dan landscape.
Submenu Orientation untuk menentukan posisi kertas
Gambar 5.42. Submenu Orientation untuk menentukan posisi kertas
Memberi dan menghapus nomor halaman
Untuk memberi nomor halaman pada sebuah dokumen dalam Ms. Word 2007, caranya adalah klik menu Insert, kemudian pilih Page Numbers sehingga tampil kotak dialog Page Number. Selanjutnya klik Format Page Numbers, maka akan tampil kotak dialog sebagai berikut.
Kotak dialog Page Number untuk menyisipkan nomor halaman
Gambar 5.43. Kotak dialog Page Number untuk menyisipkan nomor halaman
Pilih jenis penomorannya pada pilihan Number Format, di mana terdapat dua pilihan yaitu Continue from previous number berarti melanjutkan halaman sebelumnya dan Start at berarti penomoran dimulai dari nomor berapa. Setelah dipilih, kemudian klik Ok untuk mengakhiri perintah ini. Pada Number Format, klik combo hingga tampil beberapa pilihan format yang disediakan Microsoft Word 2007. Klik salah satu format yang diinginkan.
Pilihan Number Format
Gambar 5.44. Pilihan Number Format untuk menentukan format nomor halaman
Selain Format Page Numbers, tampak pada Page Number ada pilihan Top of Page, Bottom of Page, Page of Margins, dan Current Position.
1) Top of Page, untuk menempatkan nomor halaman di atas.
2) Bottom of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bawah.
Pilihan posisi nomor halaman
Gambar 5.45. Pilihan posisi nomor halaman
Page of Margin dan Current Position digunakan untuk memasukkan nomor halaman secara manual berdasarkan posisi sesuai pilihan yang ditampilkan. Microsoft Word 2007 secara otomatis dapat menghapus nomor-nomor halaman dengan fasilitas Remove Page Numbers. Langkah-langkah untuk menghapus nomor halaman adalah masuk tab menu Insert dalam kelompok Header and Footer, klik Page Number kemudian klik Remove Page Numbers.

Mengatur Paragraf Microsoft Word 2007

Mengatur Paragraf Microsoft Word 2007- Dalam penulisan dalam Microsoft Word 2007 dokumen tentu kita kenal dengan beberapa perataan (align) seperti menengahkan judul, paragraf rata kiri, dan lain-lain. Perataan teks terdiri dari empat pilihan perataan, yaitu rata kiri (align left), rata kanan (align right), rata tengah (center), dan rata penuh (justify). Ada beberapa cara untuk mengatur perataan naskah, yaitu sebagai berikut.
1) Cara pertama mengatur perataan naskah
Pengaturan perataan melalui Formatting toolbar. Langkah langkah untuk pengaturan perataan adalah sebagai berikut. Letakkan kursor ke paragraf atau teks yang akan diatur. Klik tab menu Home, kemudian pilih submenu Paragraph, sehingga muncul kotak dialog Paragraph.
Perataan teks melalui submenu Paragraph

Gambar 5.29. Perataan teks melalui submenu Paragraph
Setelah itu, klik tombol panah bawah untuk menentukan pilihan pengaturan teks pada kotak pengisian Alignment. Kemudian klik pengaturan teks yang Anda inginkan, misalnya justified dan akhirilah kotak dialog dengan cara klik OK.
2) Cara kedua mengatur perataan naskah
Melalui ikon-ikon alignment pada toolbar, caranya adalah letakkan kursor di mana teks atau paragraf akan diatur pertaaannya, kemudian klik ikon perataan teks sesuai keinginan.

Ikon alignment pada Microsoft Word 2007
Gambar 5.30. Ikon alignment pada Microsoft Word 2007
Keterangan:
  1. : Teks rata kiri
  2. : Teks rata tengah
  3. : Teks rata kanan
  4. : Teks rata penuh
Mengatur Mistar Ruler Microsoft Word 2007
Indentasi paragraf merupakan teks yang menjorok ke dalam dihitung dari margin, sedangkan pengertian margin adalah batas-batas pengetikan yang diukur dari tepi kertas (baik tepi kertas atas, bawah, kiri, dan kanan). Cara mengatur indentasi adalah dengan menggeser indent pada Ruler Line.
Ruler line Microsoft Word 2007
Gambar 5.31. Ruler line Microsoft Word 2007
Keterangan:
First line indent
digunakan untuk mengatur jarak huruf pertama paragraf dengan batas kiri kertas
Hanging Indent
digunakan untuk mengatur jarak antara batas kiri dengan paragraf gantung baris kedua dan seterusnya
Left Indent
digunakan untuk mengatur jarak batas kiri dengan akhir penulisan teks.
Right Indent
digunakan untuk mengatur jarak batas kanan dengan akhir teks.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut.
1) First Line Indent, digunakan untuk mengatur posisi baris pertama. Contohnya sebagai berikut.
Pengaturan paragraf first line indent
Gambar 5.32. Pengaturan paragraf first line indent
2) Hanging Indent, digunakan untuk mengatur paragraf menggantung. Contohnya sebagai berikut.
Pengaturan paragraf hanging indent
Gambar 5.33. Pengaturan paragraf hanging indent
3) Left Indent, untuk mengatur posisi perataan di sebelah kiri dari suatu paragraf. Contohnya sebagai berikut.
Pengaturan paragraf left indent
Gambar 5.34. Pengaturan paragraf left indent
4) Right Indent, digunakan untuk mengatur perataan paragraf di sebelah kanan. Contohnya sebagai berikut.
Pengaturan paragraf right indent
Gambar 5.35. Pengaturan paragraf right indent
Mengatur spasi Microsoft Word 2007
Dalam penulisan teks terkadang terdiri dari beberapa baris sampai diakhiri dengan menekan enter. Biasanya baris pertama lebih menjorok ke dalam jika dibandingkan dengan baris awalnya atau sebaliknya, baris bawahnya lebih menjorok ke dalam jika dibandingkan dengan baris pertama, atau jarak antara baris sedikit renggang atau rapat, hal tersebut dinamakan spasi.
Spasi dalam teks bertujuan untuk menentukan jarak baris dalam suatu naskah sehingga penampilan enak dilihat dan mudah dibaca. Langkah untuk mengatur spasi ada beberapa cara, yaitu sebagai berikut.
1) Cara pertama untuk mengatur spasi
Letakkan kursor pada paragarf yang akan diubah spasinya, kemudian sorot dan klik ikon Line Spacing Line Spacingpada submenu Paragraph, kemudian klik pada pilihan spasi yang diinginkan.
Menu pilihan paragraf untuk mengatur spasi
Gambar 5.36. Menu pilihan paragraf untuk mengatur spasi
2) Cara Kedua untuk mengatur spasi
Letakkan kursor pada paragarf yang akan diubah spasinya, kemudian klik pada menu pulldown Paragraph untuk menampilkan show the paragraph dialog box, hingga muncul kotak dialog berikut ini.
Kotak dialog line spacing submenu Paragraph
Gambar 5.37. Kotak dialog line spacing submenu Paragraph
Langkah pengisian dialog sebagai berikut.
a) Klik kotak Line Spacing.
b) Pilih spasi atau jarak baris yang Anda inginkan.
c)Klik OK
Single
mengatur jarak spasi satu baris
1,5 line
mengatur jarak spasi satu setengah baris
Double
mengatur spasi dua setengah baris
At Least
mengatur jarak spasi baris minimal
Exactly
spasi ditentukan secara tetap tanpa penyesuaian ukuran huruf
Multiple
spasi ditentukan berdasar persentase

Membuat Mail Merge Microsoft Word 2007

Membuat Mail Merge Microsoft Word 2007- Mail merge atau surat (masal) berantai merupakan salah satu fasilitas Ms. Word yang digunakan untuk membuat surat dalam jumlah banyak yang memiliki isi dan format yang sama, namun terdapat beberapa bagian yang berbeda. Bagian yang berbeda dinamakan variable atau field. Perintah mail merge akan menghasilkan 3 buah file sekaligus, yaitu sebagai berikut.
  1. Dokumen utama (format surat).
  2. Sumber data (Data Source) yang berisi record-record sejumlah data.
  3. File gabungan antara dokumen utama dengan sumber data.
Sebagai contoh untuk membuat undangan reuni, maka langkah-langkah yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut.
1. Ketikkan format undangan sesuai kreasi Anda sendiri.
2. Tuliskan kata Kepada dan di pada lembar kerja Microsoft Word 2007 seperti gambar berikut.
Format awal undangan
Gambar 5.51. Format awal undangan
menu Mailing
Start Mail Merge
Gambar 5.53. Submenu Start Mail Merge
6. Di sebelah kanan akan muncul submenu mail merge. Pilih Letters untuk membuat tipe dokumen dalam bentuk surat. Setelah itu, dilanjutkan dengan menekan tombol Next yang ada di bawah.
7. Pada step ke-2, pilihlah Use the current document untuk menggunakan dokumen yang sedang digunakan atau pada saat awal telah dibuat. Setelah itu dilanjutkan dengan menekan tombol Next yang ada di bawah.
8. Pilihlah Type a new list untuk membuat daftar atau data baru yang akan digunakan atau dimasukkan ke dalam surat. Lanjutkan dengan menekan menu Create.
Kotak dialog step 1 sampai step 3 Mail Merge
Gambar 5.54. Kotak dialog step 1 sampai step 3 Mail Merge
9. Setelah muncul menu New address list, pilih submenu Customize Address list. Submenu ini digunakan jika Anda hendak mengganti judul data yang akan dimasukkan.
Kotak dialog New Address List
Gambar 5.55. Kotak dialog New Address List
10. Pada submenu tersebut telah terdapat daftar judul data. Untuk menghapusnya tekan menu Delete.
Kotak dialog Customize Address List
Gambar 5.56. Kotak dialog Customize Address List
11. Untuk memasukkan judul data yang baru sesuai keinginan, pilihlah menu Add. Isi kolom kosong yang tersedia dengan judul data yang dibutuhkan dengan menekan menu Insert. Tekan OK untuk mengakhiri. Sebagai contoh:
nama dan tempat (perhatikan gambar di bawah).
Pemasukan judul data baru
Gambar 5.57. Pemasukan judul data baru
12. Setelah proses tersebut selesai, isilah judul data dengan data-data yang dibutuhkan dengan menekan menu New Entry. Contoh : judul nama diisi dengan Budi, Dadan dan Tedi. Untuk mengakhirinya tekan OK.
menu New Entry
13. Secara otomatis akan muncul menu Save. Simpanlah data yang tadi telah dibuat, misalnya di My Document. Beri nama file data tersebut, misalnya Latihan Merge. Setelah itu akan muncul menu Mail Merge Recipients. Jika Anda sudah yakin dengan data yang dimasukan pilihlah OK.
menu Mail Merge Recipients.
Gambar 5.59. Kotak dialog Mail Merge Recipients
14. Namun jika Anda menemukan ada data yang salah saat proses pemasukan, maka klik nama file yang ada di kolom Data Source. Selanjutnya, pilih menu Edit.
15. Jika sudah kembali ke lembar kerja di Microsoft Word, pilihlah menu Insert Merge Field.
Insert Merge Field.
16. Masukan judul data pada tempat yang sesuai. Misalnya nama dimasukan setelah kata kepada.
Tampilan hasil penggabungan data source ke dalam dokumen master
Gambar 5.61. Tampilan hasil penggabungan data source ke dalam dokumen master
17. Untuk menampilkan hasilnya pilih toolbar Preview Results.
Proses penggabungan data source mail merge ke dokumen master
Gambar 5.62. Proses penggabungan data source mail merge ke dokumen master
Melalui fasilitas Mail Merger ini, pengguna program aplikasi Microsoft Word 2007 memperoleh kemudahan dalam pembuatan dokumen secara massaldalam satu kali kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar